5/08/2010

Alternative Sounds (Baca : KEPEPET) - - Pt.1

0 komentar
Setelah 1 minggu sibuk mengalahkan seseorang bermaen Pro Evolution Soccer 2010 akhirnya ane bisa balek lagi ke kesibukan favorit : MENGARANG LAGU! Yupz , bagi ane yang sedang full of inspiration (maklum abis lulus , hahahaha) ini banyaknya ide dikepala wajib ditumplek biar gak stress....



Omong - omong soal ngeband , I did tell you , didn't? - - ane bukan termasuk nyombong c , tapi ane juga sebenernya produktif loh , saking produktifnya lagu-lagu yang ane tulis banyak yang gak kepake...hehehe XP Ini beneran. Entah berapa yang ketulis (walau sebagian besar cuma lirik doang) mulai dari kelas 3 SMP ampe lulus kelas XII Sma bulan ini , ampir semua yang ane tulis sebenernya bisa dijadiin materi 3 album (dobel-disc malah kalo mau maksa...hwuehwuehwue) hanya saja sebagai musisi (baca : pengamen) yang kebanyakan menghabiskan waktunya dengan nongkrong ngopi + maen PS + ngeprint foto2 gravure idol favorit di rumah adalah sangat susah untuk keep in touch dengan personil band favorit ane di SMA (anak-anak NoMadenz) yang rumahnya notabene berjarak 30 - 45 km-an dari rumah ane......hikz...sehingga sering menyurutkan niat ane untuk makin produktif mengaransemen dan ngerekam...

Omong-omong soal aransemen dan rekaman , ini juga hal yang sebelumnya amat ngeganjal ane - - well , mungkin semua musisi atau CALON musisi di dunia yang pengen ngeband - - karena berkaitan dengan keputusan bersama. YAK.

GENRE MUSIK..

Bengong.

Bagi sebuah band , adalah sangat krusial menentukan apakah aliran/genre musik yang mereka bawain terutama kalo bandnya adalah indie.

Awalnya terasa biasa saja (kok jadi kayak lagu...?????) tapi seiring berjalan atau terbentuknya band , selera dan arah musik yang berbeda dari tiap personil band yang gak ditampung baik-baik bisa bikin...kacau. Bahkan gak dipungkiri kalau band itu mungkin bubar akibat perbedaan selera yang kagak sejalan..

Hal ini juga yang harus ane pasrahin ketika NoMadenz udah mulai manteb sebagai band indie. Bukan apa-apa , dalam band yang ada 4 kepala (sayang gak ada ekornya) ini masing-masing udah gila sendiri dengan gaya musik yang berbeda : ada yang suka grunge , ada yang nge-blues , ada yang pop , ada pula yang punk rock. Jadinya tubrukan banget tentunya. Mungkin kalo teori ini diaplikasikan ke cairan sejenis kopi - - which will end-up as KOPI TUBRUK - - akan beda ceritanya , tapi menubrukkan gaya bermusik dengan personil yang agak maunya dewe , jelas adalah hal yang gak enak banget.

Percaya atau tidak , sampai sekian lama ngeband masing-masing ngotot dengan musiknya sendiri-sendiri.

Hingga dengan gebleknya kita ngambil jalan tengah (benar , GEBLEKNYA) yakni merekam demo dengan berbagai aliran.

KEREN BUKAN?? Tentu saja BUKAN! Karena rasanya aneh aja gitu. Sekarang coba ente bayangin sebuah band yang mendefinisikan aliran mereka free-form jazz tapi sebagian lagunya ada yang hardcore dan ada yang metal. BIJIMANA COBAA??

Tapi atas nama kebersamaan , akhirnya ane (dengan berat hati dan kepala...maklum ,belum makan Xp ) mencoba rela dengan memainkan jenis musik yang beragam untuk demo-demo yang sebagian liriknya ditulis dari ane.

DAN.......akhirnya kita bikin demo yang sungguh gado-gado banget! Ada post-grunge ala Breaking Benjamin , post-hardcore ala Escape the Fate , experimental rock ala MUSE dan laen-laen...Dalam pikiran ane cuma satu kata : BEJAT BANGET! (Tunggu , itu mah 2 kata kali yak???)

Well , tapi percaya tidak percaya nyatanya juga berhasil loh! Sampai detik ane selesai nulis opini ini , band ane masih bisa jalan dengan keberagaman jenis musik yang menghiasi demo kita.. ('demo kita' kesannya kayak yang mau rusuh...btw) Dan akhirnya , dari 4 demo yang mau dirampungkan : 1 lagu grunge dan 1 lagu pop-punk.

Dan cukup satu kata buat hal ini : BRILIAN. Bahkan ane sempet kepikiran , coba kalo Guns N Roses dulu kepikiran buat bikin setiap lagu berbeda modelnya mungkin Slash gak akan gondok meskipun Axl Rose pengen ada unsur tekno dalam lagunya........X) (hm , jadi ngaco deh..)

Oke deh , sementara gini aja tulisan ane tentang alternative sounds yang dipake buat band ane sendiri..Ntar posting berikutnya nyusul kalo ada kemajuan soal demonya!

(wish me luck , guys! dan jangan lupa pantengin demonya kalo udah kelar..hehehe)





0 komentar:

Posting Komentar